/script> Percaya Diri (PD) Berbicara | Islamic's Teens

Monday, January 14, 2013

Percaya Diri (PD) Berbicara


            Kebetulan, saya mengalami hal yang seperti ini. Malu berbicara di depan umum. Baik ketika melakukan presentasi, pidato, ceramah, atau bahkan hanya sekedar menjadi MC. Semua pernah saya rasakan. Kali ini, saya ingin nge-share sedikit tips dan triks agar teman-teman sekalian menjadi remaja yang oke! Ya seputar bagaimana cara mengatasi malu berbicara di depan umum tersebut. Oke langsung saja......

1)      Tentukan kata-kata kunci yang akan di cabang-cabangkan menjadi lebih besar. Dari sebuah judul, buat 2 tingkat kata-kata kunci. Caranya adalah, ambil point-pint penting atau kata-kata yang sering keluar, dan jadikan kata-kata itu menjadi inti sari yang akan dikembangkan. Misal: PENGARUH ISTIGHFAR DALAM MASALAH. Dengan judul tersebut, kita menggunakan satu inti sari, yaitu kata “istighfar”. Tingkatan pertama, kamu cabangkan menjadi pengertian istighfar, pelaksanaan istighfar, dan pengaruh istighfar. Tingkatan yang kedua seperti itu pula. Dari pengertian istighfar, dapat dicabangkan seperti pengertian menurut bahasa & istilah, dalil-dalil adanya istighfar, atau yang lain. Dengan menentukan kata-kata kunci ini, kalian pasti lebih banyak menguasai materi dengan baik, lancar, dan benar.
2)      Berikan/rencanakan durasi persentasi. Misalnya tiap point di beri waktu 1 menit/point. Lalu 15 menit/bab. Dan totalnya 30 menit. Dengan demikian, pembicaraan kita akan fokus dan tidak kemana-kemana. Karena kita sudah menentukan durasi waktunya.
3)      Fokus kan pembicaraan anda. Misalnya anda akan berbicara istighfar. Maka perbanyaklah mengucapkan kata kunci itu. Otomatis orang akan ingat dengannya. Dan jangan sangkutkan pembicaraan kita ke hal yang lain.
4)      Sebelumnya, persiapkan dan latih terus mental anda. Seperti berlatih berbicara di depan cermin. Atau berlatih di lingkup keluarga, teman, sahabat. Dengan banyak mengulang dan berlatih, maka lama-kelamaan pasti kita akan luwes untuk persentasi.
5)      Media presentasi sangat mendukung untuk presentasi anda. Jadi, audiens tidak akan bosan. Apalagi ditambah dengan adanya game-game seru. Media pendukung ini biasa berupa power point, video, flash, game, dan lain sebagainya. Pada umumnya, para pembicara biasa menggunakan power point sebagai media terbaiknya.
6)      Selalu berinteraksi dengan audiens. Misalnya menyapa ketika awaal presentasi, “Apa kabar?”. Dan jangan sekali-kali berbicara membelakangi mereka, selalu tatap wajah dan selalu berkontak mata dengan mereka. Jika masih malu untuk pandangan mata, maka anda bisa memandang bagian tubuh yang lain. Misalnya rambut, telinga, dagu, atau yang lain.
7)      Berbicara dengan gaya alami. Jadi pembicaraan anda, nada anda berbicara, gaya anda, biarkan itu semua alami berasal dari diri anda. Jangan dibuat-buat. Itu akan menjadi nilai tersendiri dari audiens. Jadi biasa saja. Layaknya orang presentasi pada umumnya.
8)      Berdo’a terlebih dahulu. Karena berdo’a adalah kekuatan utama dalam menjalankan sesuatu. Jika anda masih kurang percaya diri, ambillah nafas dalam. Lalu lakukan beberapa gerakan untuk mendapatkan lebih banyak oksigen dalam darah. Ulangi beberapa kali. Dan selipkan kata-kata bijak dengan berbisik ke diri sendiri. Seperti, “Saya pasti bisa”, “Saya pasti tenang”, “Saya paling sempurna,” dan lain sebagainya.
Ya, mungkin itu sedikit tips dan tricks dari saya untuk mengatasi kurangnya percaya diri (PD) dalam diri anda ketika presentasi. Semoga apa yang kita inginkan tercapai dan kita akan selalu bisa presentasi dengan baik jika niat kita baik. Selamat menikmati presentasi terbaik anda!!

By: Yusron Eka Sunarsono

0 comments:

Post a Comment

KOMENTAR BLOG REMAJA ISLAM INDONESIA

 
Description: Rating: 4.5 Reviewer: - ItemReviewed: