/script> Penyebab Gengsi Negatif | Islamic's Teens

Friday, November 30, 2012

Penyebab Gengsi Negatif


Gengsi itu sudah sangat 'famous' dalam diri remaja.Gengsi itu adalah sifat yang kurang baik yang memaksakan diri supaya terpandang hebat di mata orang atau menyembunyikan rasa malu dari dirinya, "Do this make a good teen?" Sebetulnya bersaing itu bagus, apabila bersaing atau gengsi dalam hal kebaikan. Tidak bersaing dalam hal yang negatif atau ingin di puji orang,dsb




Hal itu (gengsi) bisa terjadi karena ada pengaruh dari faktor keluarga, lingkungan, sekolah, teman, bahkan sahabatnya sendiri. Sehingga si 'remaja' ini merasa ingin bersaing dalam hal apapun. Karena masa remaja adalah masa saat berkobar-kobarnya  kehidupan manusia. Contoh kasus gengsi remaja:



  1. Ketika malu tidak punya mobil, tetapi temannya banyak yang memiliki mobil, jadi dia ingin bersaing untuk mempunyai mobil. Wow! Kalau orang tua nya sanggup buat belikan atau bahkan mampu beli sendiri, kalau tidak? (Bisa disebut anak durhaka). Si 'remaja' nggak mau kalah bersaing di mata eman-temannya. Nah itu sedikit contoh yang sering ada di Indonesia. Tapi Indonesia pasti bisa bersaing (positif) dengan akal-akal yang sehat. Terutama remaja islam Indonesia.
  2. Rumah sederhana membuat si 'remaja' malu ketika teman-temannya mengetahui keadan ekonomi keluarganya. Akhirnya ia memilih tinggal di rumah kost yang besar. Yang itu tampak bahwa di punya rumah se-mewah itu. Jangan ditiru!!
Nah, sudah tau kan? Penyebab remaja gengsi itu lebih banyak dari faktor pertemanannya. Akhirnya, ia halal-kan segala cara untuk mencapai tujuan tersebut agar terlihat sama bahkan lebih dengan temannya dan inilah kelakuan negatif yang harus di hilangkan. Kelakuan si 'remaja' ini harus di hilangkan, begitu pula dengan kelakuan  temannya yang sombong itu. Dengan gengsi seperti itu, maka akan menguras semua harta dan martabat. Tidak hanya itu, pertemanan dan persahabatan kita akan rusak dengan kelakuan seperti itu.

Gengsi sama sekali tidak membiahkan hal-hal yang positif. Jadilah diri sendiri apa adanya tapi bukan berarti menyerah melainkan berusaha tampil dengan kualitas diri yang lebih baik (dengan cara yang positif), sehingga teman-temanmu akan kagum dan takjub ketika kamu bersaing bukan dengan cara yang negatif. Kalau disuruh teman seperti ini "yahh kamu nya gk gaul gk punya motor", tidak perlu di open masak kamu mau disuruh-suruh sama teman dengan hal-hal yang begituan mendingan kamu diamin saja dan katakan pada hati bahwa aku akan mendapatkan hal seperti itu yang lebih baik lagi.. OKE!!! Bersatulah Remaja ISLAM Indonesia! Rubah Indonesia menjadi negara islam yang mampu bersaing di era global. Amiin...

0 comments:

Post a Comment

KOMENTAR BLOG REMAJA ISLAM INDONESIA

 
Description: Rating: 4.5 Reviewer: - ItemReviewed: