/script> Masa Remaja Itu Menyenangkan | Islamic's Teens

Monday, December 10, 2012

Masa Remaja Itu Menyenangkan

Masa remaja adalah masa peralihan dari masa kanak-kanak ke masa dewasa. Masa remaja termasuk  masa yang sangat menyenangkan, masa yang menghabiskan banyak waktu. Setiap seorang anak dewasa pasti melewati masa yang mempunyai banyak pengalaman bersenang-senang ini.

Banyak anak remaja yang terlalu asik dengan kesenangan nya sehingga lupa untuk belajar. Kegiatan mereka sangat padat sehingga waktu yang mereka miliki  tersita oleh hal-hal yang tidak penting,seperti bermain, jalan-jalan, shopping, online,dll. Memang tidak salah jika mereka melakukan nya, tapi alangkah baik nya jika para remaja itu bisa membagi waktu bermain dan belajar nya.

    Disaat para remaja mempunyai waktu untuk belajar, mereka justru malas untuk belajar. Yang mereka ingin kan hanya bermain dan bersenang-senang tanpa harus memikirkan kewajiban yang harus mereka laksanakan, yaitu belajar.

    Ada beberapa faktor penyebab yang membuat kita malas belajar.diantaranya :
-Terlalu capek dengan kegiatan yang dilakukan.
-Tidak suka dengan mata pelajaran yang akan di pelajari.
-Keadaan / situasi rumah yang tidak nyaman.
-Terlalu asik menonton tv, sehingga lupa untuk belajar dan akhir nya tidak belajar melainkan    menonton tv.
-Asik bermain handphone. Jika kita sudah bermain handphone, semua perhatian tertuju pada   handphone. Buku pelajaran dibiarkan begitu saja.
-Tersedia nya modem atau fasilitas internet juga mempengaruhi kegiatan belajar anak di rumah. 

    Belajar adalah suatu kewaiban untuk semua orang, baik yang masih bersekolah maupun tidak. Seorang pelajar wajib untuk melaksanakan belajar, supaya mereka dapat menerima hasil dari jerih payah mereka. Menyontek sudah menjadi suatu kebiasaan di kalangan siswa sekolah. Salah satu nya anak remaja yang lebih sering menyontek. Mereka malas mengerjakan pr, sehingga mereka mengambil jalan pintas agar mereka dapat mengerjakan pr tanpa harus berpikir.

    Kemajuan teknologi yang semakin canggih mempengaruhi mood belajar para remaja. Contohnya, para remaja akan memilih bermain internet dibandingkan harus belajar. Mengapa demikian? Hal tersebut terjadi karna mereka berpikir teknologi itu jauh lebih penting dari pada belajar. Mereka berpikir jika mereka ketinggalan teknologi, mereka akan di cap sebagai seorang yang “kampungan”, dihina oleh teman-teman nya, mendapatkan berbagai jenis cemoohan dari teman-teman nya. Oleh karna itu sebaiknya kita jangan menggunakan teknologi itu terlalu sering, karna jika kita sudah kecanduan bermain internet, kita akan sulit untuk berhenti bermain nya. Selain itu,menggunakan internet yang berlebihan dapat membawa sifat negative bagi kita. Diantaranya :
-Waktu belajar kita akan terngganggu.
-Berlama-lama di depan computer dapat menyebaban gangguan mata.
-Jika kita sudah kecanduan oleh internet, kita akan sulit untuk berhenti.
-Kita bisa di culik akibat dari perkenalan singkat lewat jejaring sosial.
-Itulah beberapa akibat negative yang di sebabkan oleh internet. 
-Orang  tua juga berperan penting dalam mengawasi pergaulan anak nya.
-Orang tua yang cerdas adalah orang tua yang bisa mengawasi anak secara langsung, agar kegiatan  belajar anak tidak terganggu.

Orang tua juga sebaiknya memberikan handphone yang biasa-biasa saja. Karna jika seorang anak remaja diberikan handphone yang terbilang bagus (lengkap), mereka akan lupa dengan belajar.
Beberapa akibat negatif dari handphone  :
- Dapat memicu kejahatan.
-Fasilitas internet yang tersedia di handphone dapat dimanfaatkan leh para remaja untuk -mendownload hal-hal  yang tidak benar.
-Tubuh juga akan ikut terkena imbas nya. Karna handphone memiliki radiasi yang dapat langsung masuk melewati telinga.
-Dan yang terpenting, bermain handphone dapat menyita banyak waktu belajar.

    Malas adalah perasaan tidak niat untuk mengerjakan sesuatu, baik itu kegiatan positif ataupun kegiatan negatif. Malas merupakan suatu kebiasan buruk yang asti dimiliki oleh setiap manusia. Jika malas melakukan hal-hal yng negatif itu bagus. Kit dapat terhindar dari perbuatan yang tidak benar jika kit malas melakukan hal-hal yang negatif. tetapi, jika kita malas melakukan hal-hal yang positif  itu sangat tidak benar. Bagaimanapun, hal-hal positif itu berakibat baik bagi pertumbuhan mental, fisik, emosi,dll. Sangat banyak orang yang lebih malas melakukan hal-hal yang positif dan lebih memilih melakukan hal-hal yang tidak baik. Seperti : berjudi, minum minuman keras, merokok,dll.
Alangkah baik nya jika kita menghindari rasa malas. Apalagi rasa malas ketika belajar. Kita pasti dapat menghilangkan rasa malas itu jika kita menginginkan nya.

Berikut ini tips-tips / cara untuk menghilangkan rasa malas ketika belajar :
    Memilih tempat alam terbuka untuk belajar. Seperti taman, halaman rumah atau alam terbuka lainnya. Dengan catatan tempat tersebut sepi dan nyaman untuk belajar Mencintai pelajaran yang hendak kita pelajari. Tidak disediakan tv, internet, handphone yang berlibihan didalam kamar. Karna, jika kita mememiliki peralatan tersebut konsentrasi belajar kita akan terganggu.Menyukai semua guru mata pelajaran. Dan yang terpenting kita mempunyai niat untuk belajar.

0 comments:

Post a Comment

KOMENTAR BLOG REMAJA ISLAM INDONESIA

 
Description: Rating: 4.5 Reviewer: - ItemReviewed: