/script> Tips Sukses Berorganisasi | Islamic's Teens

Thursday, November 29, 2012

Tips Sukses Berorganisasi


Ketika sedang nyaman berorganisasi, akan saja tiba-tiba kamu harus menghadapi kenyataan bahwa organisasi tempat kamu beraktivitas itu mengalami masalah yang sangat berat. Apa itu karena faktor intern person-nya ataupun karena faktor luar.
Jika kamu nggak siap menghadapinya, pasti menyulitkan bukan? Karena itulah, kamu harus ‘prepare’ terhadap segala sesuatu. Caranya gimana? Kamu wajib mengatur strategi atau siasat untuk tahan dengan tempat kamu saat ini, serta melakukan antisipasi jika tiba-tiba kamu terpaksa ‘jobless’. Silahkan simak saja…

Interaksi dengan pimpinan 
Putuskan waktu kapan kamu bisa bicara ‘empat mata’ dengan pimpinan kamu. Ajaklah beliau untuk diskusi tentang kondisi organisasi yang sesungguhnya. Dan katakan bahwa kamu ingin bertahan dan memberikan kontribusi pada organisasi ini. Selain itu kamu pun bisa konsultasi langsung dengan beliau tentang kinerja kamu selama ini. Dengan demikian, kamu sudah menunjukkan pada pimpinan bahwa kamu masih punya motivasi dan kemauan untuk memajukan organisasi.

Menjalin hubungan dengan baik (dengan rekan-rekan) 
Dengan menjalin hubungan baik dengan rekan-rekanmu di organisasi, sangat bermanfaat untuk bisa mempertahankan ‘keadaan’ kamu dalam oraganisasi. Lebih baik dengan didukung kinererja kamu yang good’. Contoh ketika dalam rapat ada dua atau tiga orang rekan yang memuji hasil kerja kamu, tentu mereka akan pikir-pikir untuk menempatkan kamu pada posisi yang kurang strategis dalam organisasimu

• Kerja di luar zona nyaman (selain rekan-rekanmu) 
Jadilah ’sukarelawan’ di organisasimu dengan melakukan pekerjaan yang tidak dilakukan oleh rekan lain.
Misalnya membantu atasanmu memeriksa dokumen, mengedit dan mengoreksi proposal. Dengan melakukan pekerjaan ini, atasan akan lebih
percaya sama kamu.

Tidak berdasarkan pujian 
Saat ini, banyak atasan yang ‘pelit’ memuji kita. Jangankan memuji anak buahnya, memikirkan kondisi organisai saja sudah menguras waktu dan pikirannya. So, jangan terlalu mengharapkan pujian atas kinerja kamu. Terus saja berkarya dan bekerja sebaik mungkin. Tak ada pujian? Puji dirimu sendiri!

Keluarkan ide-ide yang cemerlang 
Jika sebelumnya, kamu ragu-ragu untuk mengeluarkan ide-idemu, sekarang adalah saat yang tepat untuk mengeluarkan ide itu. Keluarkan ide cemerlang kamu. Jika ide itu terasa bermanfaat bagi organisasi, pasti rekan-rekan anda (beserta atasan) akan ‘menghargai dan menilai’ lebih untuk anda. Bukan hanya pujian lagi..

Jadilah yang terbaik 
Bersikaplah
sebaik mungkin dalam organisasi. Jangan menambah masalah organisasi dengan masalah pribadi kamu. Selesaikan semua urusan pekerjaanmu tepat pada waktunya. Begitu pula dengan semua urusan pribadi kamu. Jangan terlalu mengeluh dengan ‘job’ kamu, terlebih apabila di depan atasan. Sikap seperti ini akan selalu dinilai dengan rekan-rekan serta atasan anda.

• Selalu tuntut ilmu
Jika masih ada kesempatan untuk belajar, lanjutkan pendidikan kamu atau dengan cara mengikuti kursus tambahan di luar. Asal kamu bisa mengatur waktu, tenaga, dan ekonomi. Banyak ilmu bisa menambah kualitas diri Anda. Ingat:
أُطْلُبُوْا الْعِلْمَ وَلَوْ باِلصِّيْنِTuntutlah ilmu walau ke negri Cina!
Gimana teman? Mudah kan menjadikan diri serta oraganisasi kita menjadi SUKSES? Yang penting, semua akan berjalan dengan baik jika kamu melakukan dengan kesungguhan hati. Kamu pasti bisa..! Allahuakbar!!

0 comments:

Post a Comment

KOMENTAR BLOG REMAJA ISLAM INDONESIA

 
Description: Rating: 4.5 Reviewer: - ItemReviewed: